RUMUSAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) YANG DINYATAKAN DALAM CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
- Profil Lulusan
Berdasarkan hasil analisis situasi (kondisi riil), observasi, wawancara terhadap stakeholder maka melalui workshop kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah, diputuskan bahwa ada 3 (tiga) profil lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Ketiga profil tersebut yaitu: Pendidik, Peneliti, Perencana dan Pengelolah Pendidikan.
Tabel 1. Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah
PROFIL LULUSAN | Deskripsi |
PENDIDIK | 1. Responsible dan memiliki komitmen sebagai pendidik.
2. Berpikir, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru sejarah. 3. Memiliki kompetensi yang utuh, dapat memadukan antara kompetensi pedagogic, professional dan komptensi sosial. 4. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik dan teman sejawat serta dengan masyarakat. 5. Menguasai konsep dan teori pendidikan, teori sejarah serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran. 6. Menguasai standar isi mata pelajaran sejarah Indonesia yang tercakup dalam standar nasional pendidikan serta fungsi dan tujuanynya. 7. Memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam memilih, menggunakan metode, model serta mengembangkan media dan sumber pembelajaran. 8. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran sejarah. 9. Mampu menganalisis informasi dan data di bidang Pendidikan, khususnya penelitian sejarah dan pendidikan sejarah |
PENELITI | 1. Menguasai metodologi penelitian bidang pendidikan dan sejarah.
2. Melakukan penelitian pendidikan sejarah yang dapat digunakan dalam memberikan petunjuk untuk memilih berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang sejarah dan pendidikan. 3. Mampu menuliskan hasil penelitiannya dalam bentuk laporan penelitian maupun artikel ilmiah, sesuai dengan standar baku penulisan laporan penelitian dan jurnal ilmiah secara benar, dan dapat dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional. 4. Mampu melakukan analisis secara tajam yang didukung oleh informasi dan data yang akurat serta penguasaan konsep dan teori Sejarah secara matang. |
PERENCANA DAN PENGELOLAH PENDIDIKAN | 1. Memahami dan mampu mengaplikasikan sistem regulasi Pendidikan
2. Memahami dan mampu mengaplikasikan manajemen pendidikan 3. Memiliki kemampuan dalam mengkoordinir, merencanakan dan mengelola penyelenggaraan kelas, sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. 4. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang pendidikan. 5. Memantau dan mengevaluasi aktivitas dalam mengelola kelas, sekolah dan lembaga pendidikan secara komprehensif. 6. Mengkomunikasikan hasil pemantauan dan evaluasi pendidikan kepada stakeholder pendidikan |
Tabel 2. Profil Lulusan, Learning Outcomes, dan Klasifikasi Kompetensi
PROFIL SARJANA PEND. SOSIOLOGI | LEARNING OUTCOMES | KLASIFIKASI KOMPETENSI | ||
PENCIRI PRODI
UTAMA |
PENCIRI LEMBAGA INSTITUSI | |||
KOMPETENSI PENDUKUNG | KOMPETENSI LAINNYA | |||
Pendidik Sejarah | Pendidik bidang pengajaran Sejarah yang profesional | 1. Mengetahui karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual | 1. Mempunyai karakter diri yang kuat, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME | 1. Mampu mengembangkan potensi diri secara mandiri |
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran. | 2. Mempunyai kepedulian terhadap budaya dan local wisdom | Local wisdom diintegrasikan dalam pembelajaran | ||
3. Mengembangkan kurikulum mata pelajaran sejarah
|
3. Mampu berinteraksi dengan lingkungan budaya yang berbeda | |||
4. Mampu melaksanakan pembelajaran sejarah yang mendidik | ||||
5. Mempunyai kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran sejarah | ||||
6. Mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran | ||||
7. Dapat bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional indonesia | ||||
8. Mampu menjadi pribadi yang dapat menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat | ||||
9. Mampu menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru | ||||
10. Dapat menjunjung tinggi kode etik profesi guru | ||||
11. Dapat berkomonikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan. | ||||
14. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan sejarah | ||||
15. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar sejarah | ||||
16. Menguasai metode penelitian sejarah dan pendidkan sejarah | ||||
17. Mampu mengembangkan materi pembelajaran sejarah secara kreatif | ||||
18. Mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif | ||||
19. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. | ||||
20. Mampu mengajarkan sejarah dengan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa Internasional | ||||
Peneliti | Penguasaan Bidang Ilmu serta Metode Risetnya | Menguasai konsep, dasar dan teori sejarah serta pengembangannya | Mampu terlibat dalam riset-riset berskala lokal dan nasional | Mampu mempublikasikan hasil riset |
Menguasai metodologi riset bidang pendidikandan sejarah | ||||
Mampu mengkomunikasikan ide dan hasil- hasil riset | ||||
Menguasai Penggunaan Teknologi IT | Mampu menggunakan program-program aplikasi | |||
Mampu membuat simulasi komputasi sebagai media pengajaran sejarah | ||||
Memiliki kepekaan terhadap perkembangan riset dibidang pendidikan sejarah | Mampu melakukan inovasi-inovasi dalam riset pendidikan sejarah | Menghasilkan riset berbasis local content dan local wisdom di bidang pendidikan sejarah | ||
Mampu menghasilkan riset-riset di bidang pendidikan sejarah terbaru | ||||
Perencanadan Pengelola Pendidikan | Mampu melakukan tugas-pengelolaan pendidikan (tugas kekaryaan) | Mampu menyusun perencanaan kegiatan yang berkaitan dengan kekaryaannya. | Jujur dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan | |
Mampu menjalankan tugas-tugas manajemen dan administrasi kekaryaan | ||||
Menguasai Manajemen Berbasis Sekolah | Mampu merencanakan dan mengelolah kegiatan belajar mengajar | Mampu menjalin kerjasama dengan stakeholder pendidikan | ||
Menguasai penyusunan RKA/RABS | Mampu mengidenfikasi berbagai keperluan di sekolah dan menuangkan dalam perencanaan dan penganggaran | |||
Mampu menerapkan Prinsip- Prinsip kewirausahaan | Menghasilkan Produk IPTEK yang bernilai jual | Menguasai prinsip-prinsip manajemen kewirausahaan | Memiliki karakter kewirausahaan | |
Mampu menyusun perencanaan kewirausahaan | ||||
Mampu menjadi “leader” dalam tugas kekaryaannya | Mampu menjunjun tinggi norma-norma akademik, budaya dan sosial masyarakat di lingkungan kerja | Memiliki wacana tentang kearifan local |
- Perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Capaian pembelajaran (learning outcomes) adalah suatu ungkapan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar. Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.
Capaian pembelajaran menunjukkan kemajuan belajar yang digambarkan secara vertikal dari satu tingkat ke tingkat yang lain serta didokumentasikan dalam suatu kerangka kualifikasi. Capaian pembelajaran harus disertai dengan kriteria penilaian yang tepat yang dapat digunakan untuk menilai bahwa hasil pembelajaran yang diharapkan telah dicapai.
Dalam Penjelasan UU No.: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 35 ayat 1, disebutkan bahwa kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. Sedangkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 1 ayat 4, standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sebagaimana telah diuraikan di atas, pengertian kompetensi dalam pendidikan formal nampaknya lebih tepat diungkapkan dalam bentuk capaian pembelajaran. Alasan yang mendasarinya adalah hasil pembelajaran pendidikan formal tidak semata-mata dimaksudkan untuk memenuhi standar kompetensi yang diperlukan di tempat kerja, akan tetapi lebih luas lagi untuk menghasilkan insan Indonesia yang cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis, sebagaimana diungkapkan dalam visi pendidikan nasional yang tertuang dalam Rencana Strategis Pendidikan Nasional 2010-2025. Kompetensi memiliki ruang lingkup pengertian luas dan sempit tetapi, sedang capaian pembelajaran (CP) adalah identik dengan kompetensi yang memiliki ruang lingkup luas. Dengan demikian, dalam uraian selanjutnya istilah kompetensi akan digunakan secara bergantian dengan capaian pembelajaran sesuai konteks kalimat yang akan diuraikan. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, pasal 1 ayat (2), menjelaskan bahwa capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, ketrampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.
Rumusan CPL Program Studi Pendidikan Sejarah memuat kemampuan yang diperlukan dalam era industri 4.0 tentang literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia, serta kemampuan memandang tanda- tanda akan terjadinya revolusi industri 5.0. Revolusi industri 5.0 dapat dipahami sebagai pasar kolaborasi manusia dengan sistem cerdas yang berbasis pada internet of thinks (IoT) atau sistem fisik cyber, dengan kemampuan memanfaatkan mesin-mesin cerdas lebih efisien dengan lingkungan yang lebih bersinergi. Pada akhirnya rumusan CPL Prodi Pendidikan Sejarah mengacu pada SN-Dikti dan deskriptor KKNI sesuai dengan jenjang pendidikan S1 (Standar 6). CPL Program Studi Pendidikan Sejarah memuat kemampuan-kemampuan yang mencerminkan keunikan masing- masing perguruan tinggi sesuai dengan visi-misi, keunikan daerah di mana perguruan tinggi itu berada, bahkan keunikan Indonesia yang berada di daerah tropis dengan dua musim..
CPL Program Studi Pendidikan Sejarah terdiri dari unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Unsur sikap dan keterampilan umum mengacu pada SN-Dikti sebagai standar minimal, yang memungkinkan ditambah oleh program studi untuk memberi ciri lulusan perguruan tingginya. Sedangkan unsur keterampilan khusus dan pengetahuan dirumuskan dengan mengacu pada deskriptor KKNI sesuai dengan jenjang pendidikannya. Rumusan capaian pembelajaran lulusan mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan KKNI Level 6.
Tabel 3. Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
No | Profil Lulusan | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |
P1
P2 P3 |
Pendidik
Peneliti Perencana dan Pengelolah Pendidikan
|
Sikap | |
S1
S2
S3
S4
S5
S6
S7
S8
S9
S10 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
Berperan sebagai warga negara yang memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme pada negara dan bangsa;
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dan UUD 1945; Menghargai keanekaragaman budaya, suku, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
||
Ketrampilan Umum | |||
KU1
KU2
KU3
KU4
KU5
KU6
KU7
KU8
KU9 |
Mampu menerapkan logis, kritis dan sistem pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
Mampu menunjukkan kerja mandiri, bermutu dan terukur;
Mampu mengkaji implementasi pengembangan atau implikasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau krtik seni.
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya dan mampu mengelolah pembelajaran secara mandiri.
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahian dan mencegah plagiasi. |
||
Ketrampilan Khusus | |||
KK1
KK2
KK3
KK4
KK5
KK6
KK7
KK8
KK9
|
Mampu mengaplikasikan konsep pendidikan dan sejarah dalam analisis dan penyelesaian permasalahan bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan sesuai dengan situasi yang dihadapi.
Mampu memilah dan mengelola permasalahan pendidikan dan sosial secara kritis, rasional dan logis.
Mampu mengkomunikasikan ide dan informasi secara efektif melalui berbagai bentuk strategi dan media kepada peserta didik, dan masyarakat umum
Mampu merencanakan dan mengevaluasi kegiatan pendidikan dan sosial.
Mampu melakukan kajian bidang pendidikan Sejarah untuk kepentingan pengembangan keilmuan, melalui proses penelitian dan mampu mempublikasikannya dalam media yang dapat diakses oleh masyarakat akademik.
Mampu memberi keteladanan sikap dan perilaku berdasarkan etika Profesi.
Mampu mengambil keputusan sebagai implementasi solusi permasalahan pendidikan dan sosial
Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan sejawat di dalam maupun di luar institusi maupun masyarakat.
Mampu mengembangkan kapasitas keilmuan dan keahlian secara mandiri dengan berperan aktif dalam kegiatan akademik dan kegiatan pembangunan masyarakat |
||
Pengetahuan | |||
PP1
PP2
PP3
PP4
PP5
PP6
PP7
PP8
PP9
PP10 |
Memiliki tanggungjawab dan komitmen sebagai pendidik.
Berpikir terbuka, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru sejarah
Memiliki pengetahuan tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam belajar dan pembelajaran sejarah yang mendidik.
Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik dan teman sejawat serta dengan masyarakat.
Menguasai konsep, paradigma dan teori sejarah serta menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran
Menguasai standar isi mata pelajaran sejarah yang tercakup dalam standar nasional pendidikan dan pengayaannya
Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan media dan sumber pembelajaran berbasis TIK.
Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran sejarah
Mampu menganalisis informasi dan data di bidang sejarah dan pendidikan
Memiliki pengetahuan tentang penerapkan model-model pembelajaran sejarah yang didukung oleh penerapan TIK dan berorientasi pada kecakapan hidup |
PENENTUAN BAHAN KAJIAN
- Gambaran Body of Knowledge
Penentuan penyusunan bahan kajian, Program Studi Pendidikan Sejarah FIS-UNM, telah memperhatikan body of knowledge bidang terkait yaitu bidang pendidikan dan sejarah; perkembangan keilmuan ke depan, memperhatikan keilmuan terkait dengan ciri khas Universitas Negeri Makassar dan rincian berupa hasil-hasil pembelajaran. Keempat hal tersebut dijadikan panduan dalam menyusun bahan ajar yang menjamin tercapainya pembentukan capaian pembelajaran lulusan.
Tabel 4. Penentuan Bahan Kajian dan Deskripsi Bahan Kajian
Kode | Bahan Kajian (BK) | Deskripsi Bahan Kajian |
S1
|
1. Pendidikan Agama
2. Pengantar Ilmu Sejarah 3. Kajian Nilai-Nilai Luhur 4. Sejarah Pendidikan 5. Sejarah Sosial
|
Mempunyai karakter diri yang kuat, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, memiliki keyakinan keagamaan masing-masing dan bersikap religus dalam kehidupan, memiliki perilaku terpuji dalam menerangkan berbagai perspektif sejarah untuk memahami Pendidikan pada setiap zaman. Memiliki karakter perilaku dalam tata pergaulan di masyarakat dengan memegang prinsip nilai-nilai luhur lokal. Menghargai keanekaragaman nilai-nilai luhur lokal. Kajian kemasyarakatan. |
S2 | 1. Pendidikan Kewarganegaraan
2. Pendidikan Pancasila 3. Profesi Keguruan 4. Kajian Nilai-Nilai Luhur |
Memiliki sikap sebagai warga negara yang baik, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas keguruan berdasarkan agama,moral, dan etika profesi. Mempunyai kepedulian terhadap budaya dan kearifan lokal. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S3 | 1. Pendidikan Kewarganegaraan
2. Bahasa Indonesia 3. Sejarah Indonesia Pada Masa Pra Aksara 4. Sejarah Indonesia Masa Hindu Budha 5. Sejarah Indonesia Masa Islam 6. Sejarah Indonesia Masa Kolonial 7. Sejarah Indonesia Masa Pergerakan 8. Pengantar Antropologi 9. Pangantar Ilmu Sejarah |
Konsep masyarakat majemuk (plural), multikultural, Indonesia pada masa pra aksara hingga masa pergerakan, sistem sosial dan budaya Indonesia. |
S4 | 1. Pendidikan Pancasila
2. Pendikan Kewarganegaraan 3. Belajar dan Pembejalaran 4. Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah 5. Sejarah Indonesia Mutakhir 6. Pengantar Ilmu Hukum 7. Pengantar Administrasi dan Manajemen |
Memiliki komitmet terhadap profesi, cinta tanah air dan bangsa, memanfaatkan perkembangan tekhnologi, taat terhadap aturan, menghargai perbedaan, mampu berorganisasi dengan baik |
S5 | 1. Sejarah Asia Selatan
2. Sejarah Asia Barat Daya 3. Sejarah Australia dan Oceania 4. Sejarah Asia Tenggara 5. Sejarah Amerika 6. Sejarah Afrika
|
Masa kono masing-masing Kawasan, kerjasama dengan Indonesia pada masing-masing kawasan
|
S6 | 1. Bahasa Sumber
2. Filsafat sejarah 3. Metodoloi penelitian Pendidikan sejarah 4. Sejarah dan Kepariwisataan 5. Sejarah Intelektual 6. Sejarah maritim |
Memiliki kemampuan dalam mengenali Bahasa-bahasa yang digunakan dalam dokumen sejarah, menelaah pemikiran filsafat sejarah, melaksanakan penelitian pendidikan terutama penelitian tindakan kelas di persekolahan, seluk beluk kepariwisataan Indonesia, perkembangan pemikiran manusia dari zaman klasik sampai modern, perubahan-perubahan yang terjadi disektor maritim Indonesia sejak abad XI sampai pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia. |
S7 | 1. Profesi Keguruan
2. Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah 3. Pengantar Ilmu Hukum 4. Pengantar Ilmu Sejarah |
Memiliki ketaatan hukum dan norma sosial, menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, menjunjung tinggi kode etik guru dan dapat berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua siswa dan masyarakat, memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu sejarah |
S8 | 1. Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah
2. Sejarah Sosial 3. Metode Penelitian Sosial |
Menginternalisasikan kode etik guru dan dapat berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua siswa dan masyarakat; memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme |
S9 | 1. Metode Penelitian Sosial
2. Kajian Kurikulum Sejarah 3. Profesi Keguruan 4. Perkembangan Peserta didik 5. Sejarah Sosial 6. Sejarah Kebudayaan |
Memiliki sikap jujur dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan, memiliki jiwa inovasi, berani mengambil resiko, dan memiliki orientasi masa depan, tidak mudah menyerah, menghargai hasil budaya dan sejarah. |
S10 | 1. Kewirausahaan
2. PLP 3. Sejarah Sosiologi 4. Sejarah Indonesia Moderen 5. Metode Penelitian Sosial |
Memiliki sikap pelopor, berani mengambil resiko, percaya diri, meiliki jiwa inovasi, memiliki keteadanan di sekolah dan masyarakatdan memiliki prediksi yang jitu tentang perkembangan di masa depan dengan bercermin pada peristiwa masa lalu. |
KU1 | 1. Filsafat Ilmu
2. Evaluasi Pembelajaran 3. Pengantar Ilmu Hukum 4. Pendidikan Agama 5. Pengantar Antropologi 6. Pengantar Ilmu Sejarah 7. Strategi Pembelajaran 8. Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah 9. Sejarah Sosial 10. Sejarah Indonesia Kontemporer |
Memiliki keterampilan berfikir logis dan sistemik, memiliki keterampilan dalam membelajarkan siswa sesuai perkembangan pesrerta didik dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dan sosiologi. Terampil dalam menggunakan mengolah dan menganalisis data baik secara kuantitatif maupun secara kualitattif untuk tujuan pengembangan pendidikan dan sejarah. |
KU2 | 1. Statistik Sosial
2. Motede Penelitian Sosial 3. PLP (microteaching) 4. PLP II 5. Pendidikan Kewirausahaan |
Memiliki keterampilan berkaja secara mandiri yang bisa dipertanggungjawabkan, memiliki kualitas kerja yang baik yang bisa ditunjukkan audit internal dan eksternal; serta hasil pekerjaan yang dilakukan sangat terukur dalam bidang pendidikan dan sosial |
KU3 | 1. Media dan Teknologi Pembelajaran
2. Skripsi 3. Seminar Proposal 4. Sejarah Pariwisata 5. Sosiologi Pembangunan 6. Sejarah Sosial 7. Sejarah Kebudayaan |
Memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan dan sosial, serta memperhitungkan ilmplikasinya dalam bidang pendidiakn dan sosial serta humniora; Terampil dalam mengkaji tentang isu-isu pembangunan dan dampaknya terhadap masyarakat dan bagaimana masyarakat berkembang, serta membahas tentang teori-teori pembangunan sesuai dengan etika dan kaidah-kaidah profesi dan keilmuan, serta solusi yang ditawarkan bisa mengatasi persoalan dalam bidang pendidikan dan sosial. |
KU4 | 1. Skripsi
2. Seminar Proposal 3. Metode Penelitian Sosial 4. Kajian Kurikulum dan Buku Teks Sejarah 5. Kajian Ilmu Pengetahuan Ilmu Sosial |
Memiliki kemampuan dalam menghasilkan karya ilmiah (skripsi) terkait bidang pendidikan dan sosial dan membuat artikel untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah, serta gagasan yang dihasilkan bisa mengatasi persoalan dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan sejarah |
KU5 | 1. Sejarah Pendidikan
2. Pengantar Pendidikan 3. Statstistk Sosial 4. Metode Penelitian Sosial |
Mampu melakukan pertimbangan secara matang dengan senantiasa memperhatikan analisis data-data yang ada dengan menggunakan keilmuan dan keahlian yang dimiliki dalam mengambil keputusan dalam bidang sejarah dan pendidikan |
KU6 | 1. Statitistik Sosial
2. Pengantar Pendidikan 3. Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia 4. Sejarah Sosial |
Memiliki kemampuan membangun dan menjaga jejaring sosial atas dasar modal sosial yang dimiliki dengan berbagai lapisan masyarakat dan sejawat, baik yang ada lembaganya, maupun yang berada diluar lembaganya. |
KU7 | 1. Evaluasi Pembelajaran Sejarah
2. Pengantar Ilmu Sejarah 3. Profesi Keguruan 4. PLP 5. KKN |
Bertanggungjawab atas proses dan pencapaian kerja kelompok yang berada dalam dibawahnya dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan dalam bidang sejarah, osial dan pendidikan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
KU8 | 1. PLP
2. Evaluasi Pembejalaran Sejarah 3. Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah 4. Pendidikan Kewirausahaan 5. Profesi Keguruan 6. Kajian Kurikulum Sejarah |
Mampu melakukan analisis SWOT dalam mengevaluasi terhadap kelompok kerja yang berada tanggung jawabnya dan mampu merancang dan mengelolah pembelajaran yang mandiri terhadap peserta didik. |
KU9 | 1. Skripsi
2. Seminar Proposal 3. PLP 4. Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah 5. Metode Penelitian Sosial 6. Statistik Sosial |
Terampil dalam mendokumentasikan berbagai surat-surat dan karya-karyanya, mengamankan dalam secara ketat, dan menemukan kembali untuk menjamin kesahian data dan mencegah terjadinya plagiasi |
KK1 | 1. Pengantar Sosiologi
2. Pengantar Ilmu Sejarah 3. Pengantar Pendidikan 4. Filsafat Ilmu
5. Belajar dan Pembejalaran 6. Pengantar Sosiologi 7. Pengantar Pendidikan 8. Strategi dan Perencanaan Pembelajaran Sejarah 9. Kajian Nilai-Nilai Luhur 10. Perkembangan Peserta Didik 11. Bahasa Sumber
|
Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran; menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaam pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran; memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar |
KK2 | 1. Perencanaan Pembelajaran Sejarah
2. Evaluasi Pembelajaran Sejarah 3. Statistik Sosial 4. Sejarah Sosial 5. Perkembangan Peserta Didik 6. Metode Penelitian Sosial 7. Kajian Nilai-Nilai Luhur |
Memberikan layanan pembelajaran yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal. |
KK3 | 1. Starategi dan Media Pembelajaran Sejarah
2. Perencanaan dan Pembelajaran Sejarah 3. Skripsi 4. Seminar Proposal |
Memiliki keterampian mengkomunikasikan ide dan informasi dalam bidang pendidikan dan sejarah secara efektif melalui berbagai bentuk strategi dan media kepada peserta didik, dan masyarakat umum. |
KK4 | 1. Perencanaan pembelajaran Sejarah
2. Perencanaan Pendikan dan MBS 3. Statistik Sosial 4. Kajian Kurikulum Sejarah 5. Sejarrah Pendidikan 6. Metode Penelitian Sosial 7. Sejarah Sosial 8. Sejarah Kebudayaan
|
Mampu memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar; dan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan, menantang, serta mengembangkan peserta didik untuk berkreasi. |
KK5 | 1. Metode Penelitian Sosial
2. Evaluasi Pembelajaran Sejarah 3. PLP 4. Skripsi
|
Memiliki keterampilan dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas; mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan; mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi; dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian |
KK6 | 1. Filsafat Ilmu
2. Profesi Keguruan 3. Pendidikan Agama 4. Profesi Keguruan 5. Kajian Nilai-Nilai Luhur
|
Mengaplikasikan etika profesi guru dalam berbagai kehidupan baik di sekolah mapun di masyarakat. Memiliki perilaku terpuji dan bisa menjadi tauladan di sekolah dan masyarakat. |
KK7 | 1. Sejarah Sosial
2. Sejarah Agraria 3. Pengantar Ilmu Sejarah 4. Pengantar Ilmu Sejarah 5. Pengantar Ilmu Hukum 6. Sejarah Maritim 7. Perencanaan Pendidikan dan Pengajaran Sejarah
|
Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi keahlian dalam bidang pendidikan dan sejarah. Terampil dalam menggunakan berbagai teori-teori pendidikan dan teori-teori sejarah dalam memetakan persoalan dan mencari solusi terbaik dalam bidang pendidikan dan masyarakat. |
KK8 | 1. Pendidikan Kewirausahaan
2. Sejarah Pariwisata 3. Sejarah Intelektual 4. Sejarah Politik 5. Sejarah Sosial |
Mampu membangun, mengembangkan dan mememilihara jejaring kerja yang saling menguntungkan baik dikalangan sejawat, maupun dengan masyarakat pada umumnya, baik dalam lingkup institusi tempat bekerja, maupun dengan masyarakat pada umumnya. |
KK9 | 1. Seminar Proposal
2. KKN 3. PLP
|
Memiliki kontribusi dalam bidang pengembangan keilmuan dengan senantiasa melakukan riset dalam bidang sejarah dan pendidikan dan memnyampaikan hasilnya dalam jurnal dan berperan aktif dalam forum-forum ilmiah dalam pengembangan karir dan berkontribusi dalam kegiatan pembangunan masyarakat. |
PP1 | 1. Profesi Keguruan
2. Pengantar Ilmu Pendidikan 3. Perkebangan Peserta Didik 4. Evaluasi Pembeljaran 5. Belajar dan Pembelajaran 6. Strategi dan Perencanaan pembelajaran 7. Kajian Kurikulum Pendidikan Sejarah 8. PLP |
Memiliki integrritas dan moralitas dalam menjalan tugasnnya sebagai pendidikan, memahami dasar-dasar pendidikan, etika dan profesi keguruan, perkembangan perserta didik, mampu belajar dan membelajarkan siswa dan memiliki strategi dan perencanaan pembelajaran, dan menguasau media dan teknologi pembelajaran |
PP2 | 1. PLP
2. Model-Model Pembelajaran 3. Perencanaan Pendidikan 4. Sosiologi Kritis 5. Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah 6. Pengantar Ilmu Sejarah |
Memiliki pikiran terbuka terhadap perkembangan sosial dan pendidikan dalam era 4.0, serta senantiasi kriris dan inovatif dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Memiliki percaya diri dalam menjalankan tugasnya pendidikan, menguasai PTK, model-model pembelajaran, teori sejarah dan media teknologi pendidikan |
PP3 | 1. Perkembangan Peserta Didik
2. Pengantar Ilmu Pendidikan 3. Belajar dan Pembelajaran 4. Profesi Keguruan |
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, konsep, dan memahami evaluasi pembelajaran, model-model pembelajatan; media dan teknologi dalam pembelajaran serta memiliki moralitas dan integritas sebagai pendidik yang patut di tauladani serta senantiasi menanamkan Kecakapan Abad 21 yang terintegrasi dalamKecakapan Pengetahuan, Keterampilan dan sikap serta penguasaan TIK dapat dikembangkan melalui: (1) Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill) (2) Kecakapan Berkomunikasi (Communication Skills); (3) Kecakapan Kreatifitas dan Inovasi (Kreativity and Innovation Skill); (4) Kecakapan Kolaborasi (Callaboration Skill) |
PP4 | 1. Skripsi
2. KKN 3. PLP 4. Perkembangan Peserta Didik 5. Pengantar Ilmu Pendidikan 6. Belajar Pembelajaran 7. Profesi Keguruan |
menunjukkan sikap terbuka dalam berkomunikasi dengan peserta didik; berkomunikasi secara santun terhadap peserta didik; menunjukkan perilaku supel dan simpatik dalam bergaul dengan peserta didik; bertindak empatik terhadap peserta didik; memiliki kepekaan intrapersonal terhadap peserta didik; menunjukkan sikap terbuka dalam berkomunikasi dengan tenaga kependidikan; berkomunikasi secara santun terhadap tenaga kependidikan’ menjalin komunikasi dialogis dengan orangtua/wali peserta didik; menerima kritik dan saran konstruktif dari orangtua/wali peserta didik; membina hubungan baik, supel dan simpatik dengan masyarakat sekitar; bertindak adaptif terhadap masyarakat dan budaya sekitar; menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain; memiliki kepekaan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. |
PP5 | 1. Sejarah Amerika
2. Sejarah Asia Tenggara 3. Sejarah Australia dan Oceania 4. Sejarah Afrika 5. Sejarah Asia Barat Daya 6. Sejarah Eropa
|
Meguasai Sejarah tiap kawasan, sejarah awal masing-masing kawasan, perkembangan dan sejarah kontemporer masing-masing kawasan. |
PP6 | 1. Kajian Kurikulum Sejarah
2. Media dan Strategi Pembelajaran Sejarah 3. Metodologi sejarah 4. Seminar Sejarah |
Menguasai perkembangan kurikulum sosiologi, konten pembelajaran sejarah, model-model dan media pembelajaran serta mampu merencanakan dan melakasanakan pembelajaran yang mendidik. |
PP7 | 1. Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah
2. Belajar dan Pembelajaran 3. Strategi dan Perencanaan Pengajaran Sejarah 4. Kajian Kurikulum Pendidikan Sejarah |
Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan media dan sumber pembelajaran berbasis TIK yang sesuai dan materi pembelajaran dan perkembangan peserta didik |
PP8 | 1. Evaluasi Pembelajaran Sejarah
2. Metodologi Sejarah 3. Historiografi 4. Strategi dan Perencanaan Pengajaran Sejarah 5. Kajian Kurikulum Sejarah |
Memiliki pengetahuan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran sejarah
|
PP9 | 1. Statistik Sosial
2. Metode Penelitian Sejarah 3. Strategi dan Perencanaan Pengajaran Sejarah |
Mampu menganalis berbagai data dalam bidang sosial dan pendidikan dalam rangkan kegiatan assesmen dan serta pengembangan keilmuan sejarah; menguasai statistik, Penelitian Tinakan Kelas, dan metode penelitian sosial |
PP10 | 1. Evaluasi Pembelajaran Sejarah
2. Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah 3. Kajian Kurikulum Sejarah |
Memahami pendekatan dan model-model pembelajaran dalam sejarah, menguasai media dan teknologi informasi dn komunikasi dalam bidang sosial dan pendidikan serta menerapkan dalam kegiatan pembelajaran. |