Kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah dirancang berorientasi ke masa depan yang dibuktikan dengan penerapan mata kuliah; Pendidikan Kewirausahaan, Sejarah dan Kepariwisataan, Sejarah Maritim, Bahasa Inggris, dan Kajian Budaya Nilai-Nilai Luhur dan Budaya Lokal, serta mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Sejarah yang berbasis IT. Kurikulum berorientasi masa depan bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan handal di bidang hardskill dan softskill sehingga mampu diterapkan dalam bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. Kompetensi yang handal dimaksudkan sebagai kompetensi yang dibutuhkan oleh para stakeholders dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang sesuai dengan kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Adapun kompetensi tersebut dijabarkan sebagai berikut:
- Sebagai pendidik, mampu merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran sejarah, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
- Sebagai peneliti, mampu meneliti di bidang pembelajaran sejarah dan masalah-masalah kesejarahan.
- Sebagai perencana, mampu merencanakan dan menyusun perangkat pembelajaran yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
- Sebagai pengelola, memiliki kemampuan managerial yang handal, mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data baik dalam proses pengelolaan pendidikan maupun kewirausahaan.
Sebagai problem solver, mampu memecahkan masalah dan mengembangkan strategi teknologi atau seni melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas. Adapun struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester, dengan mengikuti format tabel berikut:
Smt | Kode MK | Nama Mata Kuliah *
|
Bobot sks | SKS MK dlm Kurikulum | Bobot Tugas *** | Kelengkapan **** | Unit/Jur/Fak Penyelenggara | |||
Inti ** | Institusional | Deskripsi | Silabus | SAP | ||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) | (11) |
I | 15F22C101 | Pendidikan Agama Islam | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C102 | Pend. Agama Kristen Katolik | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C103 | Pend. Agama Kristen Protestan | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C104 | Pend. Agama Hindu | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C105 | Pend. Agama Budha | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C106 | Bahasa Indonesia | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C107 | Pengantar Pendidikan | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C108 | Pengantar Sosiologi | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C109 | Pengantar Ilmu Hukum | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C110 | Pengantar Ilmu Sejarah | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C111 | Pengantar Administrasi dan Manajemen | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C112 | Bahasa Inggris | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
I | 15F22C113 | Sejarah Indonesia Masa Pra Aksara | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
20 | ||||||||||
II | 15F22C201 | Kajian Ilmu Pengetahuan Sosial | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
II | 15F22C202 | Pendidikan Kewirausahaan | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
II | 15F22C203 | Pengantar Statistik Sosial | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
II | 15F22C204 | Pengantar Arkeologi | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
II | 15F22C205 | Pengantar Antropologi | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
II | 15F22C206 | Sejarah Kebudayaan | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
II | 15F22C207 | Sejarah Perekonomian | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
II | 15F22C208 | Sejarah Asia Selatan | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
II | 15F22C209 | Sejarah Indonesia Masa Hindu Budha | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
20 | ||||||||||
III | 15F22C301 | Kajian Kurikulum dan Buku Teks Sejarah | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
III | 15F22C302 | Sejarah Asia Tenggara | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
III | 15F22C303 | Pendidikan Pancasila | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
III | 15F22C304 | Sejarah Intelektual | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
III | 15F22C305 | Sejarah Pendidikan | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
III | 15F22C306 | Sejarah Afrika | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
III | 15F22C307 | Sejarah Asia Timur | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
III | 15F22C308 | Sejarah Australia dan Oceania | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
III | 15F22C309 | Sejarah Indonesia Masa Islam | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
21 | ||||||||||
IV | 15F22C401 | Filsafat Ilmu | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
IV | 15F22C402 | Pendidikan Kewarganegaraan | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
IV | 15F22C403 | Perkembangan Peserta Didik | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
IV | 15F22C405 | Sejarah Maritim | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
IV | 15F22C406 | Sejarah Kota | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
IV | 15F22C407 | Sejarah Agraria | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
IV | 15F22C408 | Sejarah Sosial | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
IV | 15F22C409 | Sejarah Eropa | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
IV | 15F22C410 | Sejarah Asia Barat Daya | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
IV | 15F22C411 | Sejarah Indonersia masa Kolonial | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
23 | ||||||||||
V | 15F22C501 | Perencanaan Pembelajaran Sejarah | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
V | 15F22C502 | Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
V | 15F22C503 | Bahasa Sumber | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
V | 15F22C504 | Sejarah Lokal | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
V | 15F22C505 | Metrodologi Sejarah | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
V | 15F22C506 | Filsafat Sejarah | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
V | 15F22C507 | Sejarah Indonesia masa Pergerakan Nasional | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
V | 15F22C508 | Kajian Nilai-Nilai Luhur dan Budaya Lokal | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
V | 15F22C509 | Sejarah dan Kepariwisataan | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
23 | ||||||||||
VI | 15F22C601 | Metodologi Penelitian Pendidikan Sejarah | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VI | 15F22C602 | PPL I (Microteaching) | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VI | 15F22C603 | Evaluasi Pembelajaran Sejarah | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VI | 15F22C604 | Kearsipan dan Perpustakaan | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VI | 15F22C605 | Sejarah Politik | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VI | 15F22C606 | Profesi Keguruan | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
VI | 15F22C607 | Sejarah Indonesia Masa Revolusi | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VI | 15F22C404 | Belajar dan Pembelajaran | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Fakultas | |
22 | ||||||||||
VII | 15F22C701 | Sejarah Amerika | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VII | 15F22C702 | Historiografi | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VII | 15F22C703 | Sejarah Kesenian | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VII | 15F22C704 | Sejarah Lisan | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VII | 15F22C705 | Seminar Sejarah | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
VII | 15F22C706 | Sejarah Indonesia Mutakhir | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
13 | ||||||||||
VIII | 15F22C706 | PPL II | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Universitas | |
VIII | 15F22C706 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | Universitas | |
VIII | 15F22C706 | Skripsi dan Ujian Komprehensif | 6 | √ | √ | √ | √ | √ | Program Studi | |
12 | ||||||||||
Total sks | 154 |
Untuk program sarjana (S1) minimal menyelesaikan 144 SKS
* Tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst. (nama-nama mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dicantumkan dalam tabel 5.1.3.)
**Menurut rujukan peer group / SK Mendiknas 045/2002 (ps. 3 ayat 2e)
*** Beri tanda √ pada mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (praktikum/praktek, PR atau makalah) ≥ 20%.
****Beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi, silabus, dan atau SAP. Sediakan dokumen pada saat asesmen lapangan.
Praktikum/praktek yang mandiri ataupun yang merupakan bagian dari mata kuliah tertentu, dengan mengikuti format di bawah ini:
No. | Nama Praktikum/Praktek | Isi Praktikum/Praktek | Tempat/Lokasi Praktikum/Praktek | |
Judul/Modul | Jam Pelaksanaan | |||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1 | PPL 1 | Panduan PPL 1 | 40 Jam | Ruang microteching |
2 | PPL 2 | Panduan PPL II | 960 Jam | Sekolah Mitra |
3 | Sejarah Indonesia masa Praaksara | Panduan praktek lapangan | 24 Jam | Situs Sejarah di Maros, Pangkep, dan Soppeng |
4 | Sejarah Indonesia masa Hindu budha | Panduan praktek lapangan | 56 Jam | Situs Sejarah di Jawa Tengah, Jawa Timu dan DIY |
5 | Sejarah Indonesia Masa Kerajaan Islam | Panduan praktek lapangan | 24 Jam | Situs Sejarah di Palopo, Luwu Utara, Soppeng, Makassar (Kerajaan Gowa-Tallo) |
6 | Sejarah Kebudayaan | Panduan praktek lapangan | 24 Jam | Situs Sejarah di Tana Toraja dan Toraja Utara. |
7 | Sejarah Maritim | Term of Referms, Itinarary kegiatan dan instrumen pengumpulan data | 40 Jam | Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara. |
8 | Sejarah Lokal | Panduan praktek lapangan | 24 Jam | Sulawesi Selatan (Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Kajang Sinjai, Bone, Wajo) |
9 | Kearsipan dan perpustakaan | Panduan praktek lapangan | 16 Jam | Badan Arsip Nasional daerah Sulawesi Selatan |